Header Ads

Breaking News
recent

3 Persiapan Penting Sebelum Membuat Tutorial

3 Persiapan Penting Sebelum Membuat Tutorial - TutorialKeren.com


Konten tutorial memang sedang banyak dicari akhir-akhir ini. Baik itu untuk artikel maupun video tutorial. Tipe konten bermanfaat seperti ini memang memiliki peminat yang sangat tinggi.

Untuk membuat tutorial sendiri sebenarnya juga tidak terlalu membingungkan. Sebelum memulai membuat konten tutorial, baik itu video maupun artikel, ada beberapa hal penting yang sebaiknya dipersiapkan. Tentunya demi hasil yang benar-benar memuaskan dan memberi manfaat.

Berikut ini merupakan persiapan sebelum mulai membuat tutorial.

1. Pilih topik yang berguna dan bermanfaat

Persiapan pertama merupakan pemilihan topik. Sering kali saat membuat tutorial, yang terbayangkan memang apa yang benar-benar kita kuasai. Meski hal ini tidak salah, perhatikan juga bahwa topik yang dipilih haruslah berguna serta bermanfaat. Sebaiknya tidak memilih topik yang juga sudah banyak dibahas dalam berbagai tutorial berbeda.

Memilih topik memang menjadi persiapan tersulit. Pertimbangkan dengan benar topik tutorial apa yang nantinya menarik, dikuasai sehingga bisa memberi panduan yang jelas serta dimengerti, dan juga berguna. 

Meskipun nantinya memilih topik tutorial yang sudah pernah dibahas, tidak ada salahnya. Asal bisa memberikan penyampaian berbeda. Maupun mengupas dengan lebih mendalam. Sehingga tutorial masih akan bermanfaat.

2. Siapkan script

3 Persiapan Penting Sebelum Membuat Tutorial

Setelah memilih topik, siapkan script. Script bukan hanya penting saat membuat tutorial dalam bentuk video. Saat membuat artikel tutorial, script akan sangat membantu proses pengambilan gambar, video, atau screen capture yang dibutuhkan untuk panduan.

Script yang menarik memang akan membuat tutorial juga menjadi jauh lebih menarik. Selain itu script juga seharusnya membuat tutorial lebih mudah dipahami. Misalnya saja untuk tutorial video dengan voice over. Buat script dengan kata-kata yang tidak membuat penonton bingung. Sebaliknya kata-kata yang digunakan untuk voice over seharusnya mempermudah penonton memahami panduan yang diberikan.

Tidak itu saja, bahkan bila misalnya tutorial menggunakan model video hands-on pun, script masih akan sangat penting. Panduan yang ada di script akan mempermudah proses untuk membuat tutorial itu sendiri.

3. Pertimbangkan penggunaan musik pada video tutorial

Banyak yang berpendapat penggunaan musik di tutorial, terutama video sangat tidak dianjurkan. Meski sederet kanal tutorial sepertinya baik-baik saja saat menggunakan background musik di video tutorial mereka.

Penggunaan musik memang memerlukan pertimbangan tersendiri. Seperti topik tutorial, metode yang digunakan, sampai adanya voice over atau tidak.

Mudahnya, untuk tutorial yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Misalnya untuk tutorial software komputer, musik latar tidak akan dibutuhkan. Sedangkan untuk tutorial memasak hands-on tanpa voice over, adanya background musik akan meningkatkan daya tarik. Pertimbangkan dengan matang mengenai detail seperti ini sebelum membuat tutorial ya!

Setelah 3 persiapan di atas, pastinya membuat tutorial akan semakin mudah. Berikutnya tinggal mulai membuat tutorial dengan metode dan model yang diinginkan.


No comments:

Powered by Blogger.