Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Video Tutorial ala Profesional

Tips Membuat Video Tutorial ala Profesional - TutorialKeren.Com


Membuat video tutorial agar terlihat profesional sebenarnya sangat mudah. Tidak diperlukan berbagai peralatan canggih maupun gadget mumpuni untuk menghasilkan tampilan video yang apik.

Sebuah video tutorial bisa dikatakan profesional bukan hanya mengenai tampilan yang baik. Melainkan juga penjelasan yang mudah dimengerti, sampai panduan yang diberikan. Kedua hal ini justru yang menjadi hal penting untuk menjadikan video tutorial lebih profesional.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membuat video tutorial ala profesional. Pastinya tips di bawah ini juga akan sangat mudah diterapkan.

1. Pilih topik tutorial

Seperti yang disebut di atas, untuk membuat video tutorial profesional, kejelasan panduan yang mudah dimengerti menjadi sangat penting. Untuk itu sebelum membuat tutorial, sebaiknya pilih topik yang benar-benar dimengerti.

Akan lebih baik lagi bila topik tersebut merupakan bidang yang dipahami secara keseluruhan. Tidak ada salahnya juga untuk mempelajari dan memahami kembali topik tersebut sebelum membuat panduan untuk video tutorial.

Pemahaman yang mendalam akan sebuah topik nantinya menjadikan totorial lebih mudah dipahami. Pastinya video tutorial akan menjadi lebih profesional.

2. Tentukan model tutorial

Ada beberapa model berbeda untuk video tutorial. Sebelum membuat tutorial, pilih dulu model video seperti apa yang akan dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa model video tutorial yang bisa dipilih.

1. Screencast

Screencast merupakan video tutorial yang menampilkan screenshot layar. Biasanya model tutorial ini untuk panduan yang berkaitan dengan komputer, software, program, editing, dan lain-lain.

2. Video lesson atau pelajaran dari video

Model satu ini merupakan yang paling banyak dilakukan saat membuat video tutorial. Untuk video lesson, tutorial disampaikan oleh seorang peraga yang juga berada di depan kamera. Misalnya saja untuk tutorial memasak, kerajinan dan kesenian, makeup, dan sebagainya.

3. Visual — hands-on

Ini merupakan model video tutorial yang beberapa tahun terakhir semakin digemari. Seperti juga namanya, “hands-on” merupakan metode yang hanya menunjukan tangan dari peraga. Sedikit berbeda dengan model video lesson.

Model ini juga biasanya tidak memberikan banyak penjelasan dari peraga. Melainkan lebih ditunjukan secara langsung melalui gerakan tangan. Contoh dari video tutorial “hands-on” ini seperti video masak, kerajinan, percobaan, dan lain-lain.

4. Visual — animation

Model video tutorial berikutnya merupakan animasi. Metode ini bisa digunakan untuk berbagai topik tutorial. Tentunya digatikan dengan animasi.

3. Tulis skrip lebih dulu

Agar video tutorial lebih profesional, buat script lebih dulu. Skrip ini nantinya akan membantu jalannya step-by-step di video. Selain juga apa yang akan dikatakan oleh voice over maupun peraga. Video tutorial juga akan menjadi lebih teratur dengan adanya script ini.

Nah setelah tips di atas, membuat video tutorial ala profesional tentu tidak terlalu sulit lagi, bukan?

Post a Comment for "Tips Membuat Video Tutorial ala Profesional"