Trik Agar HP Performa Cepat

Trik Agar HP Performa Cepat
Ketika sudah lama dipakai, tidak jarang ponsel menjadi semakin lambat saat dijalankan. Pasti hal tersebut terasa begitu mengecewakan. Namun, trik agar HP performa cepat seperti dibawah bisa melancarkan kembali kinerja awal smartphone Anda agar anti lelet.
Perbarui Sistem Operasi
Android keluaran sekarang kebanyakan membekali smartphone mereka dengan teknologi perbaruan sistem operasi sendiri. Caranya, coba masuk ke pengaturan, kemudian Anda akan menemukan menu Tentang Ponsel.
Di dalam menu tersebut, biasanya sudah tersedia fitur tertentu. Tekan Lihat untuk Perbarui (Check for Update). Sehabis itu, ponsel akan mengunduh sistem operasi terbaru yang bisa mempercepat serta memperbarui beberapa menu dalam HP Anda.
Hilangkan Cache
Banyak aplikasi menyimpan data cache di dalamnya. Ini dimaksudkan agar setelah ditutup bisa dibuka lagi tanpa harus kembali dengan cepat. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab ponsel melambat karena semakin lama menumpuk.
Dengan masuk ke Application Info. Cara memunculkannya yaitu, setelah ikon aplikasi ditekan agak lama. Di dalamnya, ada menu Hapus Cache. Tekan untuk menghilangkannya.
Menu ini memiliki letak berbeda-beda pada setiap ponsel. Bila tidak ditemukan dengan cara tersebut, masuklah ke menu Pengaturan. Cari pilihan aplikasi dan tekan Hapus Cache. Setelah itu, rasakan performa pada ponsel Anda telah meningkat.
Hapus Aplikasi Tidak Terpakai
Apabila Anda maniak dalam mendownload aplikasi, mungkin hal ini harus segera dikurangi. Walaupun ukurannya kecil, namun bila jumlahnya banyak bisa memenuhi memori dan membuat ponsel berjalan lambat.
Caranya yaitu, dengan menghapusnya, namun kosongkan dulu isi pada aplikasi agar tidak  memberatkan ponsel walaupun sudah di-uninstall. Langkahnya, tekan lama pada ikon, lalu Hapus Data.
Langkah berikutnya, Anda dapat langsung uninstall dengan cara masuk pada menu Pengaturan. Lalu tekan Aplikasi kemudian pilih “Hapus. Kemudian rasakan kecepatan ponsel bisa lancar. Jika menginginkan kembali, harus menginstall ulang dari beberapa platform penyedia.
Kembalikan ke Pengaturan Pabrik
Langkah terakhir apabila ponsel masih saja tidak stabil. Kembalikan pengaturan awal smartphone ke versi pabrikan. Dengan ini, kecepatannya akan meningkat seperti semula membelinya.
Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda mengembalikan performa ponsel ke versi pabrikan, semua data akan terhapus. Mulai dari aplikasi yang telah diperbarui hingga file-file di dalamnya. Selalu lakukan back up data sebelumnya.
Untuk kembali menuju versi pabrikan, caranya yaitu, dengan masuk ke menu Setting lebih dulu. Lalu, cari opsi Reset Factory atau Kembali ke Pengaturan Awal. Setelah melakukannya, ponsel akan mati sekejap. Namun, akan kembali seperti semula saat Anda pertama membelinya.
Itulah tadi beberapa trik agar HP performa cepat untuk Android maupun lainnya. Ingat, sebelum melakukan semua cara di atas, ada baiknya agar selalu back up untuk menghindari kehilangan data. Selamat mencoba!