Sunday, 10 December 2017

Tips Mengoptimalkan Kinerja Android

Tags
Advertisement


Android adalah salah satu OS terlaris yang diluncurkan oleh Google, Android saat ini banyak bermunculan dengan fitur-fitur menarik dan tentunya beragam spesifikasinya.
Selain itu android sangat mudah untuk digunakan seperti berselancar bebas di internet, memainkan musik favorit, menonton video, bermain game, dan lain sebagainya Lalu apa yang terjadi jika anda sedang berselancar ria di dunia maya maupun sedang bermain game favorit anda tiba-tiba lag ataupun performa android anda menurun? Apa yang akan anda lakukan?
Berikut ini saya akan memberi tips untuk mengoptimalkan smartphone :

Menghapus File yang tidak Perlu
    Mungkin banyak sebagian dari kita sering tidak menghapus atau menyalin file yang penting dan menumpuk. Sebaiknya jangan menumpuk aplikasi atau file media terlalu banyak pada hp android Anda karena tentunya memori yang penuh akan membuat kinerja smartphone Android anda menjadi berat. Kita bisa menyalin file yang mungkin penting bagi anda ke komputer, semisal memindahkan apk game yang penting ke komputer, atau foto-foto.


Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan lagi
   Banyak orang yang masih saja melupakan aplikasi yang tidak digunakan dan tidak menghapusnya. Hal ini memungkinkan aplikasi tersebut dapat beroperasi di balik layar dan menyebabkan kinerja RAM melemah, karena banyak termakan aplikasi sampah tersebut. Saya hanya menyarankan untuk tidak menggunakan aplikasi antivirus, cleaner, dan sebagainya karena aplikasi tersebut mungkin bisa memakan banyak RAM android kita.


Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background
  Maksudnya ketika selesai memakai suatu aplikasi dan tidak sepenuhnya berhenti berjalan. Hal ini umum terjadi dan menyebabkan kinerja android kamu lebih lambat. Cara melihat dan menutup aplikasi yang berjalan di background adalah dengan menahan tombol home atau lainya lalu geser aplikasi yang berjalan untuk dihentikan.


Memindahkan instalasi Aplikasi / Game ke Sd Card
  Hal yang satu ini mungkin akan di lakukan bagi kebanyakan pengguna android yang memiliki spesifiksi rendah dan juga memiliki kapsitas RAM dan internal memory yang cukup kecil. Dan bisa di bilang cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat performa android anda kembali normal
Hal ini di karenakan jika aplikasi yang anda install disimpan pada kartu memori eksternal atau SD Card, secara otomatis kinerja sebuah RAM atau memori internal akan maksimal, sehingga pada RAM akan terdapat ruang lebih dan akan bekerja dengan ringan pastinya.



Lakukan Factory Reset / setel ke pengaturan Pabrik
  Mungkin hal ini perlu dilakukan jika android anda sudah terlalu lama tidak di reset. Factory reset bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu :
- Melalui pengaturan di android
- Melalui Recovery mode.
Anda bisa melakukan reset sesuka anda, dan jangan selalu lupa untuk me-backup file penting anda, karena factory reset menghapus semua aplikasi yang terpasang serta mengembalikan android seperti awal pengaturan pabrik.
· 
Nah mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kali ini, terima kasih atas kunjungannya, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon