Wednesday, 13 December 2017

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Tags
Advertisement

Pengertian Bootloop itu adalah suatu keadaan pada system hp android tidak bisa melakukan proses booting atau start-up dan tidak bias masul menu utama. Dibawah ini ada contoh-contoh kasus yaitu Light Blootloop, Medium Blootloop dan Hrd Blootloop.

Penyebab Blootloop
Kegagalan pada system, kesalahan pada saat proses rooting. Bisa jadi kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui.
Jika anda gagal masuk ke menu handphone dan hanya berhenti pada logo berarti itu Bootloop. Jika itu terjadi jangan panik disini akan dijelaskan cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing.

Light Bootloop Android
Masalahan ini biasanya terjadi karena mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, dan akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.
Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone anda terlebih dahulu, jika masih ada keanehan silahkan matikan dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.

Medium Bootloop Android
Hal ini sering terjadi karena anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.
Cara Mengatasi : Sebaiknya sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.

Hard Bootloop Android
Masalah ini adalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
Cara Mengatasi : Silahkan lakukan Factory Reset (baca disini), jika anda ragu-ragu silahkan bawa ke service center.

Jika terjadi permasalahan pada android anda jangan terburu-buru bawa ke service, cari tau dulu masalahnya di google atau bertanya pada teman baru kemudian bertindak. Semoga cara memperbaiki hp android bootloop bermanfaat untuk yang membutuhkannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon