Saturday, 2 December 2017

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Laptop/Komputer.

Advertisement

Apakah Anda pernah mengalami masalah pada flashdisk Anda yang tidak terbaca/terdeteksi di komputer/laptop? Kali ini Saya membagikan Tips sederhana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca komputer/laptop dengan mudah. Akan tetapi Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab flashdisk Anda tidak terbaca oleh Komputer/laptop Anda. Nah langsung saja ini penyebabnya :

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Komputer/Laptop

Ada beberapa hal yang menyebabkan flasdisk tidak terbaca komputer/laptop secara normal :
  1. Flashdisk Anda terkena tekanan keras sehingga mengalami kocak (rusak fisik)
  2. Sering mencabut flashdisk dari perangkat komputer/laptop tanpa di eject/removable disk terlebih dahulu 
  3. Ada masalah pada driver USB komputer/laptop 
  4. Tempat colokan USB rusak
  5. Flashdisk yang baru Anda beli Abal-Abal (KW) dengan harga murah 
Pengalaman sekarang ini, banyak sekali flashdisk yang dijual dengan harga murah bahkan dengan merek-merek terkenal. Entah itu Asli atau KW kita perlu jeli dalam membeli. Saya dulu pernah mengalami hal serupa, yakni membeli flashdisk dengan harga murah dan tergiur merek di toko komputer. Namun apa yang saya dapat? Baru beli, saya coba dirumah ternyata flashdisk tidak terbaca sama sekali. Malah flashdisknya dikenal sebagai unidentified port USB. Akhirnya flashdisk hanya jadi gantungan kunci.

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Laptop/Komputer 

1. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Laptop dengan Cek Flasdisk

Jika flashdisk Anda tidak terbaca pada perangkat komputer/laptop Anda, maka Anda bisa mencoba ke perangkat yang lain. Kemungkinan flashdisk bisa terbaca pada perangkat lain, jika memang bisa terbaca diperangkat lain, maka ada masalah pada sistem operasi komputer Anda khususnya pada disk driver atau ports driver. Perbaiki dulu sistem operasi komputer/laptop Anda, kemudian baru colokkan kembali flashdisk Anda.

2. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Laptop dengan format Flasdisk

Langkah-langkahnya : Tancapkan flashdisk ke port USB yang tersedia pada komputer/laptop Anda – Klik Start – Ketik compmgmt.msc pada kolom search program and files – Klik program compmgmt – Muncul kotak dialog Computer Management – Pilih Storage, kemudian Disk Management – tunggu Loading Disk Management – Jika sudah terdeteksi, Klik Kanan, kemudian pilih FORMAT

Demikianlah 2 Tips cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca laptop/komputer dengan mudah. Jika memang masih belum bisa terdeteksi, bisa dikatakan flashdisk Anda memang sudah rusak secara permanen alias tidak bisa diperbaiki. Sekian dulu dari Saya semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon