Monday, 12 December 2016

Proyek Pembuatan "Bus Melayang" ANTI MACET Dari Cina Akhirnya Mangkrak

Advertisement
Simulator : Ilustrasi bus melayang ( flying Bus )

Pada bulan Agustus kemarin, muncul sebuah konsep bus anti macet yang menarik dari Cina. Floating bus bernama Traffic Elevated Bus (TEB) itu memiliki kolong berukuran besar di bagian bawah yang bisa dilewati kendaraan lain. Konsepnya pun menarik perhatian dunia, termasuk di Indonesia.



Sayangnya, konsep bus anti macet ini ternyata berakhir di tingkat konsep. Pengembangannya macet di tengah jalan. Bahkan, menurut laporan yang dikutip dari Slashgear, mangkraknya pengembangan proyek bus anti macet ini telah berlangsung sejak bulan September. Hanya selang beberapa minggu setelah konsepnya tersebar luas.

Temuan terkait mangkraknya pengembangan bus melayang ini diungkapkan oleh media lokal yang menjumpai prototype bus sepanjang 22 meter di sebuah garasi di Qinhuangdao. Menurut pengakuan dari petugas keamanan yang berjaga di sana, bus ini telah ada di sana kurang lebih dua bulan. Bahkan, tidak ada satu perwakilan dari pemilik konsep bus yang menengok keberadaannya.


Setelah diusut lebih dalam oleh media yang dijalankan oleh Pemerintah Cina, TEB ternyata adalah salah satu praktik scam. Pihak-pihak yang terkait dengan penggalangan dana untuk proyek bus ini dituding telah melakukan penipuan. Salah satunya adalah sebuah firma manajemen berbasis di Beijing yang kini dalam proses investigasi karena praktik fundraising ilegal. Padahal, TEB Technology ternyata masih memiliki utang sebesar US$6,5 juta atau setara 86,78 miliar rupiah kepada Autek. Ditambah, situs resmi TEB sudah lama terabaikan. Tercatat, situs ini tidak diupdate semenjak tanggal 15 September.

(ONE)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon