Saturday, 22 October 2016

Penyebab Android Tetap Bootloop Setelah di Flash

Advertisement
Kata Bootloop atau stak di logo sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna android, masalah android bootloop itu bisa terjadi karena beberapa masalah. Intinya adalah android bootloop karena sistem operasi gagal masuk ke menu start utama jika di komputer kita kenal dengan nama bluescreen atau komputer sering ngerestart dengan sendirinya.

Pada smartphone hal tersebut juga terjadi seperti halnya android tidak mau ke menu startup setelah di hidupkan tapi malah merestart dengan sendirinya. Apa si yang menyebabkan masalah itu terjadi ? Masalah tersebut terjadi karena ada beberapa file sistem yang mengalami kerusakan atau error sehingga sistem operasi tidak dapat bekerja semestinya dan masalah hardware (perangkat keras) juga ikut berperan jika kerusakan benar-benar dalam keadaan fatal, nanti akan saya jelaskan.

Apa yang harus di lakukan jika android mengalami bootloop atau gagal booting ? Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukan flash atau flashing ulang smartphone android kalian menggunakan firmware atau stock rom dan juga software untuk melakukan flash smartphone di komputer dan tidak ketinggalan juga komputer harus terinstall driver smartphone kalian.

Android Tetap Bootloop Setelah di Flash

Android Tetap Bootloop Setelah di Flash
Sistem Operasi Android

Lalu bagaimana jika android tetap bootloop setelah di flash ?  Nah, masalah ini terjadi karena ada beberapa faktor diantaranya adalah :
  1. Stock rom atau firmware tidak cocok
  2. Proses flashing belum selesai sepenuhnya
  3. Emmc Android Telah Rusak
Solusinya adalah pastikan stock rom yang kalian download benar-benar untuk smartphone android kalian, jika tidak cocok maka smartphone android akan tetap bootloop atau malah tidak mau hidup dan usahakan menunggu sampai proses flashing benar-benar sudah selesai sepenuhnya.

Jika emmc android yang rusak tentunya ini adalah kesalahan atau kerusakan yang benar-benar sangat fatal untuk pengguna android. Jika bootloop terjadi karena kerusakan emmc tentunya kalian tidak akan bisa melakukan install ulang tetapi kalian harus mengganti komponen emmc yang lama dengan yang baru. Bahkan ada sebagian jasa service di dekat rumah saya langsung menembak dengan berbicara "ini mah ganti mesin".

Emmc Android adalah sebuah komponen hardware (perangkat keras) yang menempel di mesin, emmc ini tentunya mempunyai peran yang sangat penting untuk kinerja smartphone android. Saya berharap kalian dapat menghindari android bootloop karena kerusakan emmc ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon