Friday, 21 October 2016

Cara Upgrade Sistem Operasi Android Melalui OTA Dan Manual

Advertisement
Mungkin pada smartphone android yang memiliki fitur pembaruan sistem tentunya menjadi keuntungan sendiri bagi penggunanya, karena apa ? Jika terdapat sistem android versi terbaru dan pihak perusahaan smartphone ingin menggunakan sistem android versi baru tersebut di smartphone android sebelumnya, maka para penggunanya akan dapat menikmati sistem android tersebut.

Hal tersebut akan membuat kalian tidak ke tinggalan sistem android versi terbaru, saat ini sistem operasi android sudah mencapai versi 7.0 yaitu android nougat yang dimana versi tersebut memiliki fitur yang lebih bagus dan optimasi seperti penghematan baterai lebih di tingkatkan pada versi tersebut.

Jika android kalian memiliki fitur pembaruan sistem maka kalian dapat memperbarui sistem operasi jika terdapat sistem operasi versi terbaru untuk smartphone kalian. Kalian bisa melakukan upgrade dengan 2 cara yaitu upgrade melalui OTA atau upgrade secara manual. Silakan kalian pilih saja yang kalian suka dan menurut kalian lebih mudah dan gampang untuk di operasikan.

Upgrade Sistem Operasi Android Melalui OTA

Menurut saya cara ini lebih mudah untuk di operasikan karena kalian hanya perlu memeriksa pembaruan sistem pada aplikasi pembaruan. Jika sistem operasi android terbaru telah tersedia untuk smartphone kalian, maka setelah kalian memeriksa pembaruan sistem akan ada pemberitahuan bahwa versi terbaru telah tersedia dan kalian dapat mengunduh lalu melakukan upgrade sistem operasi android kalian. Berikut caranya :
Cara Upgrade Android Melalui OTA Dan Manual
Periksa Pembaruan Sistem

  1. Masuk ke Aplikasi Pembaruan Sistem
  2. Pilih Periksa Pembaruan
Kalian juga bisa mengupgrade melalui pengaturan >>> About >>> Pembaruan Sistem >>> Periksa Pembaruan. Jika ada versi terbaru untuk sistem operasi android kalian maka setelah memilih periksa pembaruan akan tampil pemberitahuan bahwa sistem operasi tersedia untuk smartphone kalian.

Upgrade Sistem Operasi Android Melalui Cara Manual

Kalian tahu tidak ternyata untuk proses upgrade ke versi terbaru sebagian perusahaan smartphone tidak akan langsung memberitahukan versi terbaru ke aplikasi Pembaruan Sistem secara menyeluruh. Tetapi perusahaan smartphone melakukannya secara bertahap, walaupun versi terbaru sudah resmi di rilis dan dapat di gunakan oleh smartphone yang masuk ke dalam daftar upgrade.

Seperti halnya asus, asus sudah merilis versi marshmallow untuk smartphone androidnya, smartphone android asus yang menerima upgrade sistem operasi ke marshmallow adalah
  1. PadFone S (PF500KL)
  2. ZenFone 2 (ZE550ML, ZE551ML)
  3. ZenFone 2 Deluxe (ZE551ML)
  4. ZenFone 2 Deluxe Special Edition (ZE551ML)
  5. ZenFone 2 Laser (ZE500KG, ZE500KL, ZE550KL, ZE551KL, ZE600KL, ZE601KL)
  6. ZenFone Selfie (ZD551KL)
  7. ZenFone Max (ZC550KL)
  8. ZenFone Zoom (ZX551ML)
Sedangkan smartphone yang saya gunakan saat ini adalah Asus Zenfone Max (ZC550KL), ketika saya cek pembaruan sistem melalui OTA tetapi versi terbaru belum tersedia padahal asus sudah merilis versi marshmallow untuk smartphone android zenfone max. Lalu saya mencoba menghubungi pihak asus lewat email ternyata tim support asus menjawab Upgrade Firmware secara otomatis menunggu antrian untuk setiap unit.

Nah, jika kalian tidak mau menunggu terlalu lama, maka kalian bisa melakukan upgrade secara manual dengan cara download firmware melalui situs resmi smartphone android kalian dan ikuti intruksinya. Jika di asus kalian dapat mendownload firmware di Asus Support lalu cari type atau model smartphone kalian, jika sudah tampil smartphone kalian pilih driver & tools dan lihat di firmware apakah ada versi terbaru, jika ada kalian download saja.

Keuntungan upgrade melalui cara manual adalah kalian tidak perlu menunggu upgrade pemberitahuan untuk upgrade, firmware di rilis kalian langsung bisa mendownload dan mengupgrade smartphone android kalian.

Oke sepertinya pembahasan kali ini sudah berakhir, jika ada ynag ingin kalian tanyakan silakan tinggalkan komentar kalian di bawah atau kalian bisa mengirim pesan melalu halaman contsct us blog ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon