Wednesday, 26 October 2016

Cara Mudah Install Ulang Atau Flashing Android Samsung All Type

Advertisement
Melakukan install ulang atau flashing android sangat di perlukan jika smartphone yang kita miliki mengalami masalah loading lama, terkena virus, bootloop atau sering restart sendiri. Dengan melakukan install ulang atau yang biasa kita kenal dengan nama flashing, maka smartphone android akan kembali seperti pengaturan pabrik.

Ada beberapa smartphone android yang bisa melakukan install ulang langsung melalui handphone dan ada juga yang hanya bisa melalui komputer. Tapi rata-rata smartphone harus di install ulang melalui komputer. Seperti halnya smartphone android samsung ini, ketika ingin melakukan flashing android samsung yang kita butuhkan paling utama adalah komputer.

Jika komputer sudah ada, barulah kita siapkan bahan-bahannya seperti driver usb, firmware samsung dan software Odin (sebagai pelaksana flashing). Tidak terlalu sulit untuk melakukan install ulang samsung semua type, orang awam juga bisa melakukannya asalkan ada kemauan untuk belajar dan berani untuk mengambil resiko.

Yah berani untuk mengambil resiko, hampir semua teman saya atau orang yang saya kenal dia tidak tahu cara melakukan install ulang android dan ketika saya kasih masukan "coba saja dulu, orang gampang ko", mereka hanya menjawab "Gak berani ah, entar handphone saya kenapa-kenapa lagi".

Jika kalian sudah berani untuk mengambil resiko maka dengan mudah kalian dapat mencari tutorial cara flashing atau install ulang android yang banyak sekali di bagikan dan bisa kalian dapatkan di google. Itu ilmu loh makanya kapan lagi dapat ilmu gratis, yang tadi tidak bisa install android menjadi bisa, yang tadi tidak tahu apa-apa tentang sistem android menjadi tahu dan yang tadi tidak membuka jasa repair software sekarang kalian membuka jasa repair software android.

Cara Install Ulang Atau Flashing Semua Type Samsung

Kembali lagi kepembahasan utama, jika semua bahan sudah disiapkan seperti :
  1. Komputer
  2. Driver samsung
  3. Software Odin
  4. Firmware atau Stock Rom Samsung
Maka langkah selanjutnya tinggal melakukan eksekusi saja, berikut ini adalah langkah-langkah install ulang android samsung untuk semua type :
  1. Matikan Android Samsung
  2. Buka software odin di komputer
  3. Pada smartphone tekan tombol volume bawah (-), tombol power dan Home Secara Bersamaan, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini !
Cara Flashing Semua Type Android Samsung
Tahap Instalasi

Jika sudah tampil seperti itu, silakan hubungkan ke komputer dan pada android samsung tekan tombol volume Up. Maka komputer akan mencoba untuk membaca driver kalian, jika belum menginstal driver samsung, silakan kalian langsung install driver samsung. Kalau driver samsung sudah di install maka pada kolom COM di software Odin akan tampil bacaan COM:XXX yang berarti driver android samsung sudah terbaca sempurna oleh komputer.

Lanjut ke langkah berikutnya yaitu install ulang android :
Melakukan Flashing Android Samsung Di Odin
Flash Samsung Via Odin
  1. Pada software Odin pilih Menu AP dan cari firmware atau stock rom samsung (lihat Gambar di atas. Jika belum di ekstrak silakan kalian ekstrak terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, langsung klik Start di software odin dan tunggu sampai proses selesai.
Sambil menunggu Proses Selesai, saya akan mencoba membahas lagi, diantaranya baru menekan menu start di odin tapi gagal. Kalian bisa mengatasinya dengan cara. Close dulu software odinnya, matikan hpnya, Buka Lagi Software Odin, sambungkan android samsung ke komputer sambil menekan tombol volume bawah (-), Power dan home secara bersamaan. Lalu lakukan kembali eksekusi install ulang samsung yang diatas.

Jika proses install ulang atau flashing android samsung maka pada software odin akan tampil tulisan PASS! dan di barengi dengan android yang langsung restart sendiri, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah !
Cara Flashing Android Samsung di Komputer Via Odin
Proses Flashing Selesai

Kini android kalian sudah selesai di flashing, masalah bootloop, lemot dan virus sudah tidak ada lagi di android samsung yang kalian miliki. Kini kalian dapat menggunakan kembali android samsung yang sebelumnya telah mengalami entah itu bootloop atau masalah lainnya.


Oke, cukup sekian postingan dari Teknologi Gadget Kita yang membahas cara mudah install ulang atau flashing android samsung all type. Semoga dapat membantu masalah yang sedang di hapadi oleh android samsung yang kalian miliki.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon