Saturday, 22 October 2016

Android Yang Di Root Tidak Akan Menerima Upgrade Melalui OTA

Advertisement
Masih meneruskan pembahasan sebelumnya yang membahas tentang cara upgrade sistem operasi android melalui OTA Dan Manual, pada postingan tersebut telah saya jelaskan bagaimana caranya upgrade sistem operasi melalui OTA dan Manual.

Nah, disini saya akan membahas sekaligus memberitahukan kepada kalian semua yang mempunyai android dengan status root (android sudah di root). Mungkin kalian belum tahu bahwa android yang di root tidak akan menerima upgrade melalui OTA, hal tersebut terjadi karena sistem operasi telah di ubah.

Ada beberapa smartphone android yang menunjukkan pemberitahuan kurang lebihnya seperti "sistem operasi telah di ubah", salah satu android yang menampilkan pemberitahuan tersebut ketika kita cek Periksa Pembaruan adalah Android Samsung.

Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root

Upgrade Android Yang Sudah Di Root
Periksa Pembaruan

Karena android yang sudah di root tidak bisa menerima upgrade melalui OTA maka kalian harus mencari cara lain untuk melakukan upgrade android kalian. Tentunya kalian tidak mau kan ketinggalan upgrade android.

Tetapi jika kalian tetap ingin melakukan upgrade android melalui OTA maka salah satu jalan adalah kalian harus melakukan unroot android terlebih dahulu. Unroot adalah proses melepas aplikasi root atau menghilangkan akses root dari smartphone android kalian.

Jika setelah kalian sudah melepas root tapi tetap tidak bisa melakukan upgrade disertai tampilnya pemberitahuan setelah memilih periksa pembaruan, mau tidak mau kalian harus melakukan upgrade secara manual android kalian.

Bagaimana upgrade android secara manual ? Kalian bisa membaca pembahasan saya yang Cara Upgrade Sistem Operasi Android Melalui OTA Dan Manual. Jika kalian sudah membacanya dan mendownload firmwarenya, kalian bisa melakukan upgrade langsung melalui android ataupun komputer.

Sedangkan Software untuk melakukan upgrade android kalian bisa menggunakan software Flash Tools untuk android Mediatek, Odin untuk Android Samsung, dan software Lainnya. Karena di blog saya belum membahas cara install android melalui flash tools atau Odin maka kalian bisa mencari caranya di google. Sudah banyak ko yang share cara install android.

Hal yang harus kalian perhatikan ketika ingin melakukan upgrade android secara manual adalah tersedianya driver android untuk komputer jika kalian ingin mengupgradenya melalui komputer dan firmware atau stock rom cocok untuk smartphone android kalian. Jika firmware atau stock rom tidak cocok bisa mengakibatkan terjadinya gagal upgrade dan Smartphone Android bisa mengalami bootloop.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon