Sunday, 11 September 2016

Penyebab Baterai Android Lama Terisi Ketika di Charger

Advertisement
Mengisi Daya pada baterai android memang menjadi salah satu kegiatan rutin oleh penggunanya, ketika daya baterai habis mereka harus melakukan charger baterai sebelum dapat di gunakan kembali. Lalu bagaimana jika baterai lama terisi atau tidak penuh-penuh ketika di charger atau di cas ?

Tentunya masalah baterai lama terisi ketika di charger sering dialami oleh pengguna handphone jenis apapun. Jadi masalah ini bukan hanya terjadi pada smartphone android saja, pada handphone type atau merk yang lain pasti pernah mengalami masalah baterai lama terisi ketika di charger.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah baterai lama terisi, penyebab tersebut tentunya berhubungan dengan alat hardware (perangkat keras) pengisian daya smartphone tersebut, entah itu konektor, ic, kabel atau kepala chargernya.

Penyebab Baterai Android Tidak Penuh-penuh Ketika Di Cas

Baterai Lama Penuhnya Saat di Cas
Baterai Android
Saya akan menjelaskan beberapa penyebab baterai tidak penuh-penuh ketika di cas, semua ini hanyalah apa yang saya ketahui dari pengalaman saya dan dari sepengetahuan ayah saya, maklum ayah saya tukang service elektronik gitu deh :D.

Kabel Data (Kabel Casan)

Masalah baterai tidak penuh-penuh atau lama terisi ketika di cas, mungkin masalahnya juga bisa terjadi karena kabel data yang sudah mulai rusak akibat sering di tekuk atau ada salah satu konektor  yang terhubung dengan tembaga di kabel data yang hampir terlepas dari timah solder. Untuk cara mengatasinya, kalian bisa mencoba kabel data lain apakah penyebab baterai tidak penuh-penuh karena kerusakan pada kabel atau bukan.

Kepala Charger (Batok Charger)

Apa saja si yang ada di kepala charger itu ? Isi yang ada di kepala charger berupa kumpulan komponen-komponen kecil yang biasa disebut dengan nama IC yang menempel erat pada papan mesin. Mungkin ic atau papan mesin yang sering terkena air (kalian dan saya sering tidak mengetahui masalah ini), Termakan Usia, Pernah Mengalami Koslet atau lainnya yang dapat menyebabkan ic atau papan mesin pada kepala charger mengalami kerusakan juga dapat membuat pengisian baterai pada smartphone lama terisi. Ini di sebabkan karena ic atau papan mesin sudah tidak dapat bekerja normal seperti biasanya karena telah mengalami kerusakan ringan. Cobalah kalian gunakan kepala charger yang lain untuk mengetahui apakah benar penyebabnya karena kepala charger atau karena masalah lainnya.

Konektor Pengisian Daya

Entah konektor yang menempel pada kabel atau konektor yang berada di smartphone android juga menjadi salah satu faktor baterai lama terisi. Kita sering kali terlalu kasar ketika ingin melepas atau memasang konektor charger pada smartphone. Hal tersebut dapat membuat konektor pengisian daya pada smartphone mengalami renggang (kendor) atau hampir terlepas dari timah solder yang menyebabkan konektor tidak terlalu menempel erat dengan papan mesin. Untuk mengatasi konektor smartphone renggang, kalian dapat pergi ke jasa service untuk melakukan solder kembali konektor yang renggang tersebut. Jika masalahnya pada konektor kabel, kalian juga bisa meminta jasa service mensolder lagi atau beli yang baru.

IC Charge Atau IC Power Rusak

Berbicara tentang kerusakan IC Charge atau Ic Power biasanya sering kali menunjukkan tanda-tanda, antara lain indikator atau tanda pengisian ulang berjalan terus sedangkan handphone dalam keadaan sedang tidak di charger atau baterai sudah terisi penuh dan ketika ingin melakukan pengisian ulang daya baterai handphone, handphone selalu mati atau dalam keadaan mati. Untuk mengatasinya, silakan bawa handphone kalian ke jasa service yang menerima pergantian ic charge dan ic power untuk mengganti ic yang lama dengan yang baru.



Sedikit saja pembahasan dari saya tentang penyebab baterai lama terisi ketika di charger. Semoga dapat membantu memecahkan masalah yang telah dihadapi oleh baterai android kalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon