Wednesday, 21 September 2016

Cara Menggunakan Aplikasi Link2Sd Yang Benar Dan Tepat

Advertisement
Mungkin kalian semua sudah tidak asing lagi dengan aplikasi link2sd ini, apalagi bagi kalian yang sering ngoprek-ngoprek smartphone android. Iya, aplikasi link2sd di android berguna untuk membantu kinerja ruang penyimpanan android, termasuk memory ram android. Dengan memanfaatkan ruang penyimpanan yang di miliki oleh micro SD (Memory Card) aplikasi ini dapat bekerja dengan baik.

Tidak hanya bantuan memory card saja, jika ingin menggunakan aplikasi ini smartphone android kalian harus sudah di root. Apa kalian pernah mendengar kata "memperbesar ram di android" ? Yaps, Mereka menggunakan aplikasi link2sd ini untuk membantu kinerja ram agar lebih stabil dan mempunyai ruang yang cukup seperti yang di inginkan oleh pemiliknya.

Namun diantara pengguna smartphone android ada yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi link2sd di android. Sehingga keluar kata "Aaah sama aja, tetep gak ada perubahan walaupun udah pake link2sd", (Itu kata yang di keluarkan oleh abang saya).

Menggunakan Aplikasi Link2Sd yang Benar dan Tepat di Android


Memperbesar Memory Internal Dan RAM Di Android
Link2Sd

Setelah Membuat Partisi Baru Untuk Memory Card Di Mini Tools kalian baru bisa melakukan penambahan memory ram dan internal. Baca selengkapnya di Cara Menambah Kapasitas Memory Internal dan RAM di Android. Dengan memanfaatkan kapasitas yang ada di memory card dan kemudian di bagi menjadi beberapa partisi dengan menggunakan software mini tools partition di komputer kalian sudah bisa menggunakan aplikasi link2sd ini di android yang sudah di root.

Setelah aplikasi link2sd terpasang di android langkah selanjutnya yang benar dan tepat adalah melakukan pengaturan dengan cara :
  1. Masuk ke Pengaturan Link2Sd
  2. Pada Otomatis Link-Kan ceklis pada opsi Otomatis Link-Kan
  3. Pengaturan Auto Link silakan kalian ceklis semua
  4. Ceklis juga pada opsi Pengaturan Auto Link. Contohnya seperti gambar diatas !
Otomatis Link-Kan berfungsi untuk memindahkan atau memasang aplikasi secara otomatis ke memory card kalian, jadi aplikasi yang terinstall dari play store atau memasang aplikasi secara manual maka akan otomatis terinstall di memory card

Pengaturan Auto Link berfungsi memindahkan berkas atau file-file aplikasi seperti, data, cache dan lain-lain akan otomatis tersimpan di partisi yang telah kalian buat tadi dengan mini tools partition. Sedangkan Notifikasi auto link tentunya kalian sudah tahu itu hanyalah pemberitahuan bahwa aplikasi sudah terlink secara otomatis.

Walaupun kalian sudah melakukan pengaturan seperti diatas hal ini belum selesai sampai disini, karena ada berkas atau file aplikasi yang di lakukan secara manual untuk membuat link, berkas atau file tersebut adalah link internal data. Caranya sebagai berikut 
  1. Setelah kalian menginstall aplikasi dari google play ataupun memasang aplikasi secara manual maka silakan kalian masuk ke aplikasi link2sd.
  2. Pilih aplikasi yang baru kalian install tadi lalu pilih membuat link. Perhatikan Gambar di bawah !
Menggunakan Link2Sd Untuk Memperbesar RAM
Membuat Link
Dengan mengikuti cara diatas kalian dapat membantu kinerja memory ram hanya dengan memanfaatkan ruang penyimpanan yang ada di memory card. Percaya atau tidak, smartphone android saya mempunyai memory ram yang berukuran 216Mb tetapi cukup untuk menampung aplikasi yang cukup besar dan memerlukan ram yang cukup yaitu, Layanan Google Play Service, Whatsapp, BBM, dan aplikasi lainnya.

Sebelum menggunakan aplikasi link2sd, smartphone android saya tidak cukup untuk memasang aplikasi whatsapp jika ada aplikasi layanan google play service, begitupun sebaliknya. Sekarang memory ram saya sudah cukup terbantu dengan ruang memory card yang saya manfaatkan sebagai pendampingnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon