Wednesday, 24 August 2016

Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop

Advertisement
Mengatasi Bootloop di Android
System Android

Masalah bootloop yang terjadi pada smartphone android sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dan sering terjadi pada smartphone. Ada beberapa faktor penyebab yang membuat smartphone android yang kita miliki menjadi bootloop.

Bootloop yang biasa kita kenal dengan sebutan "Mentok di logo" ini terjadi karena system smartphone android tidak bisa masuk ke menu utama (launcher) yang di sebabkan oleh adanya kerusakan file system pada smartphone android.

Bukan hanya mentok di logo saja, bootloop juga sering di tandai dengan masalah smartphone ketika di hidupkan tapi restart dengan sendirinya dan masalah smartphone yang mengalami mati total tapi ketika di charjer logo baterai masih tampil.

Penyebab Smartphone Android Mengalami Bootloop

Sebelum membawa smartphone android ke jasa service, sebaiknya kalian harus mengetahui apa penyebab smartphone yang kalian miliki menjadi bootloop. Berikut ini adalah penyebab yang membuat smartphone android menjadi bootloop lengkap dengan cara mengatasinya.

Stock Rom Yang Salah

Melakukan install ulang pada smartphone dengan menggunakan stock rom yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan smartphone android kalian mengalami bootloop. Cobalah download stock rom yang benar-benar sesuai dan cocok untuk smartphone android kalian.

Gagal Root

Sepertinya masalahnya ini jarang terjadi pada smartphone android, tapi ketika kalian melakukan root lalu smartphone mengalami bootloop. Kalian hanya perlu melakukan wipe cache/factory reset, jika cara tersebut tidak berhasil langkah yang harus kalian ambil adalah melakukan install ulang.

Kesalahan Mengedit Aplikasi System

Mengedit aplikasi yang saya maksud ini adalah merubah file yang ada di dalam aplikasi file system, contoh merubah logo peringatan baterai low dan lain-lain. Jika salah dalam pengeditan maka masalah terbesar yang harus kalian hadapi adalah bootloop. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian hanya perlu melakukan flashing atau install ulang di smartphone.

Gagal Memasang CWM

memasang CWM di smartphone android sering di lakukan oleh mereka pengguna smartphone. Tapi sering kali pemasangan cwm gagal dan menyebabkan smartphone android menjadi bootloop (pada smartphone android tertentu). Mau tidak mau kalian harus melakukan flashing pada smartphone.

IC EMMC Telah Rusak

Mungkin masalah ini yang benar-benar harus di waspadai oleh kalian pengguna android. Jika ic emmc pada smartphone mengalami kerusakan maka akan mengalami bootloop bahkan mati total. Masalah ini tidak bisa di selesaikan dengan cara flashing atau install ulang, tapi kalian harus membawa ke jasa service yang bisa menangani masalah ic emmc. Ic Emmc ini adalah hardware atau komponen perangkat keras yang terdapat pada mesin smartphone.

Itulah beberapa penyebab yang membuat smartphone android menjadi bootloop dan cara mengatasi android yang bootloop memang tidak terlalu sulit, hanya perlu melakukan install ulang pada smartphone android yang bootloop maka masalah sudah dapat di selesaikan. Jika ada yang ingin kalian tanyakan seputar smartphone android, kalian dapat meninggalkan komentar di bawah atau dapat menghubungi admin di halaman contact us.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon