Friday, 25 March 2016

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Advertisement
Anda mungkin tahu bahwa pengunjung (biasa juga disebut trafik) menentukan kesuksesan blog Anda. Semakin banyak pengunjung, semakin sukses blog Anda yang dicirikan dengan meningkatnya penghasilan atau bertambahnya jumlah pelanggan. Sayangnya, pengunjung blog Anda tidak berubah atau cenderung berkurang dari hari ke hari meskipun Anda rajin memublikasikan postingan.
Daripada stres memikirkan kondisi tersebut, lebih baik Anda melakukan tujuh langkah sederhana berikut.

1. Mengevaluasi kecepatan blog

Evaluasilah kecepatan blog Anda di Pingdom Website Speed Test. Kalau waktu untuk mengaksesnya cepat, Anda bisa melangkah ke cara berikutnya. Jika sebaliknya, cari penyebabnya. Jika hosting penyebabnya, pindahkan blog Anda ke penyedia hosting lain sehingga blog Anda lebih cepat dibuka.
Mohon diingat, kecepatan blog Anda berpengaruh terhadap peringkat blog Anda di hasil pencarian Google. Mengapa? Karena Google memasukan kecepatan website blog sebagai salah satu faktor pemeringkatan di algoritmanya.

2. Membuat postingan berkualitas

Cara terbaik untuk meningkatkan trafik adalah dengan membuat postingan berkualitas. Jika Anda menganggap itu susah, buang jauh-jauh anggapan tersebut. Anda bisa dengan mudah membuat postingan berkualitas dari pengalaman Anda.
Contoh:
Jika Anda seorang blogger yang mengupas topik pengembangan diri, Anda bisa membuat postingan tentang kesuseksan Anda mengelola waktu. Jika Anda masih bermasalah dengan pengelolaan waktu (misal menunda-nunda pekerjaan), Anda bisa juga membuat postingan mengenai alasan orang menunda-nunda pekerjaan. Alasan yang dibahas dalam postingan tersebut adalah penyebab Anda menunda-nunda pekerjaan. Tidak rumit, kan?

3. Membuat judul postingan yang menarik

Postingan berkualitas Anda harus memiliki judul (headline) yang menarik. Semakin menarik judulnya, semakin penasaran orang untuk membacanya. Jika sebaliknya, postingan berkualitas Anda akan “kesepian” karena tidak ada yang membaca.
Berita bagusnya adalah Anda tidak perlu lama membuat judul yang menarik karena telah banyak “contekannya”. Contohnya, 52 Headline Hacks yang ditulis oleh Jon Morrow, seorang blogger yang berpengalaman di bidang copywriting. Kunjungi blognya Jon, BoostBlogTraffic.com, untuk mengunduh ebook luar biasa tersebut.

4. Membidik long tail keyword

Anda tidak mendapatkan pengunjung dari kata kunci yang besar pencarian bulanannya? Jika ya, ubah strategi Anda dengan membidik kata-kata kunci berekor panjang (long tail keywords). Kata kunci ini bercirikan memiliki 3 suku kata atau lebih dengan pencarian bulanan yang tidak banyak (misal 100-500 pencarian). Untuk mencarinya, Anda bisa menggunakan Google AdWords Keyword Planner.
Dengan menargetkan long tail keyword (LTK), peluang blog Anda masuk halaman 1 Google lebih besar. Mengapa? Karena biasanya LTK tidak dilirik oleh blogger-blogger besar sehingga persaingannya rendah di halaman 1 Google.
Pengunjung yang datang dari LTK memang tidak banyak. Namun, jika Anda menargetkan banyak LTK, hasilnya akan besar. Seperti pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

5. Berinteraksi dengan pengunjung

Anda juga harus berinteraksi dengan pengunjung jika blog Anda berjenis blog otoritas. Caranya dengan membalas komentar atau email dari pengunjung. Jika sebaliknya, pengunjung akan kecewa sehingga bukan mustahil mereka tidak mau lagi berkunjung ke blog Anda. Dampaknya, pengunjung blog Anda berkurang.

6. Menggunakan media sosial

Aktiflah di media sosial, misalnya di Facebook dan Twitter. Update status Anda di kedua media sosial itu dengan menginformasikan postingan-postingan Anda. Semakin banyak postingan yang Anda informasikan, semakin banyak pula teman-teman Anda mengunjungi blog Anda. Selain itu, aktivitas ini akan membantu Anda mendiversifikasi sumber pengunjung sehingga tidak hanya bergantung kepada mesin pencari.

7. Berkomentar di blog orang lain dengan baik

Langkah terakhir adalah berkomentar di blog-blog orang lain yang setopik secara baik. Sasarannya untuk menarik perhatian pemilik dan pengunjung blog tersebut untuk mengunjungi blog Anda. Selain itu, aktivitas ini akan menambah jumlah backlink ke blog Anda, baik dofollow maupun nofollow.
Dengan mengetahui tujuh cara di atas, Anda tidak perlu stres atau bertanya-tanya kepada banyak orang tentang cara meningkatkan pengunjung blog Anda. Yang Anda perlukan adalah melakukan semua (atau beberapa) cara di atas secara konsisten sehingga cepat atau lambat pengunjung blog Anda bertambah.

Sekian Informasi-nya , Terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon